Pekan Apresiasi Teater V

Pekan Apresiasi Teater V

By: admin

June 8, 2012

Pekan Apresiasi Teater V yang rencananya akan digelar 9 hingga 15 Oktober mendatang semakin terasa gaungnya. berbagai persiapan sudah di lakukan oleh panitia. Sebagai salah satu ajang bergengsi yang ditleurkan akademisi jurusan Teater ISI Padangpanjang, tentunya iven ini sangat dinanti oleh berbagai kalangan dalam kancah perteateran tanah air.

Ketua Panitia PAT V Afrizal Harun mengatakan, untuk tahun ini PAT mengusung tema “teater yang menimbang penonton”. Dikatakannya, tema ini merupakan hasil rumusan pihak Steering Comitee sebagai acuan bagi penyeleksian sekaligus sebagai isu dasar yang akan diperbincangkan dalam seminar nantinya. “PAT tahun ini sebenarnya diselenggarakan dengan konsep acara yang tidak terlalu jauh dari tahun kemarin. selain penampilan karya yang memang sudah menjadi agenda tetap, kita juga akan menyelenggarakan seminar serta workshop,” sebutnya.

Panggung penampilan disediakan bagi kelompok-kelompok teater dari kampus umum dan tentu saja kampus seni. “masing-masing kelompok yang ingin berperan serta, kita mintakan video garapannya untuk diseleksi oleh dewan kurator yang sudah di tunjuk,” katanya. Sementara, sebagai tuan rumah, Jurusan teater sendiri juga akan menyiapkan karya dosen dan mahasiswa.

“Untuk wokrshop kita akan mengundang Eka D Sitorus dan iskandar loedin, sedangkan untuk seminar kita akan mendatangkan pembicara seperti Yudi Ariyani, Nano Riantiarno, Yusrizal KW dan Edi Suisno,” katanya. sementara, panitia juga akan mengundang beberapa teater besar di indonesia untuk tampil secara khusus pada PAT V ini.

Ketua Jurusan teater Firdaus mengharapkan agar acara ini bisa didukung oleh setiap insan teater yang ada di Sumatera Barat. “PAT adalah acara yang sudah menjadi agenda tetap di Jurusan Teater dan menjadi kebanggan kita bersama. Tentunya, kami sangat berharap dukungan yang sebesar-besarnya dari seluruh insan teater yang ada di Sumatera Barat ini,” katanya.

Pembantu Dekan I fakultas seni Pertunjukan yang juga menjadi pencetus PAT sejak awal Yusril mengatakan, tema yang telah ditetapkan sangat sesuai dengan kondisi perteateran di Indonesia saat ini. “Konteks kepenontonan patut menjadi acuan untuk membicarakan teater Indonesia hari ini. Dimana, masih banyak persoalan-persoalan terkait kepenontonan yang belum begitu diperhatikan. dalam PAT kali inilah, konteks itu kita bicarakan dan semoga dapat mendatangkan inspirasi bagi smeua pihak,” katanya.

Panitia berharap Kepada UKM Seni/Teater Perguruan Tinggi Non-Seni se Indonesia yang berminat karya teaternya dikurasi dalam kegiatan PEKAN APRESIASI TEATER (PAT) V di Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang, agar mengirimkan (Nama UKM, Nama Institusi Alamat, Kontak person) ke email Panitia : pekanapresiasi_teater@yahoo.com

Secepatnya Panitia akan mengirimkan formulir, Petunjuk Teknis
Pelaksanaan Pekan Apresiasi Teater (PAT) 5. (humas-fadhli)

Comments

  • ASHA_DEE

    June 23, 2012 at 12:49 pm

    kapan batas akhir pengirimn bahan kurasi?
    terus tema menimbang penonton, apakah diarahkan pada konsep garapan atau tematiknya ?thanks…..