Peserta KKN Mulai Disebar

Peserta KKN Mulai Disebar

By: admin

August 6, 2012

Sejumlah 60 mahasiswa Institut Seni Indonesia Padangpanjang diterima oleh Camat Kecamatan Tanjung Raya yang diwakili oleh Sekretaris Camat Rahmad Fajri di Aula pertemuan Kantor Camat dan diserahkan oleh Rektor ISI Padangpanjang yang diwakili oleh pembimbing KKN Dr. Ediwar, Rusti, MA, dan Nedy Winuza, M.Sn. Acara serah terima juga dihadiri oleh masing-masing Walinagari atau mewakili. Mahasiswa KKN tersebut akan ditempatkan di enam kenagarian Salingka Danau Maninjau, yaitu Nagari Sungai Batang, Nagari Maninjau, Nagari Bayua, Nagari Koto Kaciak, Nagari Koto Gadang dan Nagari Koto Malintang. Masing-masing nagari tersebut ditempati oleh 10 orang mahasiswa dari berbagai program studi (Seni Karawitan, Seni Musik, Seni Tari, Seni Murni, Seni Teater dan Televisi).

Demikian disampaikan oleh Dr Ediwar, M.Hum kepada Humas ISI Padangpanjang , di Maninjau hari senin tanggal (30/07/12). Menurut Dr. Ediwar, yang  juga putra asal Tanjung Raya (Paninjauan) dalam sambutan penyerahannya mengatakan bahwa mahasiswa KKN ISI Padang Panjang lebih berbasiskan kepada pembinaan dan pengembangan kesenian anak nagari sebagai upaya pemberdayaan seni tradisional yang menjadi identitas masyarakat nagari khususnya dan Minangkabau umumnya. Nagari-nagari salingka Danau Maninjau sangat potensi menjadi basis percontohan pengembangan kesenian tradisional, karena setiap nagari itu memiliki kekayaan seni yang luar biasa terutama kesenian Gandang Tambua (gandang tansa), musik talempong, tari piring, randai, silat, debus dan sebagainya.

Harapan dari ISI Padangpanjang agar pemerintah Kecamatan dan Nagari-nagari tempat Mahasiswa KKN ini agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bersama masyarakat. Walaupun pelaksanaan KKN dalam Ramadhan tidak mengurangi akan kegiatan kita dalam pembinaan dan pengembangan kesenian, tinggal mengatur jadwal yang tepat bersama masyarakat. Sebaliknya masyarakat nagari diharapkan pula untuk membimbing dan membina mahasiswa tersebut jika yang kurang tepat dalam bertindak dan berperilaku, maklum mereka “baru berdarah setampuk jagung, umur setampuk pinang, pangalaman pun masih kurang” , sebagai mahasiswa perlu pula mendapat bimbingan dari masyarakat, ungkap Ediwar.

Demikian pula disampaikan oleh Sekretaris Camat, sangat menerima atas kepercayaan yang diberikan kepada Kecamatan Tanjung Raya untuk pelaksanaan KKN ISI Padangpanjang sebagai wadah melatih mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pembinaan dan pengembangan kesenian anak nagari, ibaratnya “kurang laweh tapak tangan manarimo, seleba danau maninjau kami tampuang”, ungkap Rahmad Fajri. Lebih lanjut, berpesana kepada mahasiswa peserta KKN agar berpandai-pandai bergabung dengan masyarakat, dima bumi dipijak di sinan langik dijunjung. Apabila mahasiswa dapat menyesuaikan diri dengan peradaban masyarakat tempat ber KKN tidak akan ada masalah, masyarakat salingka danau Maninjau sangat baik-baik dan ramah menyambut tamu-tamunya, apalagi mahasiswa.

Masyarakat Tanjung Raya dan khususnya nagari tempat mahasiswa KKN sudah pasti akan merasa bangga atas kehadiran mahasiswa KKN POSDAYA berbasis SENI ini, karena nagari-nagari yang ditempat memang memiliki kekayaan seni tradisional, dan sangat memerlukan pula kehadiran seni-seni baru akan dikembangkan oleh mahasiswa. Barangkali generasi muda menunggu uluran tangan dari mahasiswa ISI Padangpanjang ini, ungkap Sekcam. Mengakhiri upacara serah terima mahasiswa KKN ISI Padangpanjang, Sekretaris Camat langsung menyerahkannya kepada masing-masing Walinagari dan berpesan agar mahasiswa dapat dimanfaatkan bagi
pemberdayaan kesenian anak nagari.